Menghitung Kiblat

Kejadian ini bukan sekali dua kali, tapi beberapa kali aku ngalamin ketika sudah menggelar sajadah dan tangan sudah ngangkat mau takbiratul ihram (biasanya di tempat asing; Rumah Orang, Masjid di luar kota dll), tiba tiba dicolek dan ditegur dari belakang tentang arah sholatku. “Mas kurang miring ke kanan sedikit mas”, teguran semacam itu.

Setelah dipindahkan dari Baitul Maqdis di Yarussalem ke Masjidil Haram di mekkah, semua muslim diperintahkan untuk sholat menghadap ka’bah. Dan sejak dulu pastinya sudah banyak perdebatan tentang arah ka’bah, apalagi buat lokasi lokasi yang jauh dari ka’bah.
Continue reading

Angin Angin Modern

Kalo kamu punya hasrat bernyanyi, dimana biasanya kamu bernyanyi? Kamar mandi? Atau mungkin kamu mendatangi sebuah konser band kesukaan kamu untuk ikut bernyanyi? Itupun kalau kamu suka dengan band itu dan hafal dengan lagu lagunya. Lain cerita kalo kamu menonton konser cuma buat check in di path / 4sq, atau cuma buat twitpic foto tiket konsernya supaya kamu ga kalah eksis dengan teman teman dunia mayamu. Continue reading

Penulis Sejarah dan Pemenang

Kalau kamu berpikirdan bertindak anti mainstream, niscaya kamu akan lebih mudah melakukan itukarena kamu ga punya saingan

Yups, seperti itulah. Contoh yang paling gampang adalah ketika lebaran dimana mana ramai, pom bensin dan atm pasti antri panjang. Tapi coba deh kamu ke pom bensin dan atm tengah malem, di saat orang lain tidur,pasti lebih ga ngantri. Termasuk ketika hari pertama libur lebaran, jalur mudikpasti langsung macet. Karena semua orang ingin segera tiba di kampung halaman.Kemarin aku mudik beberapa hari setelah hari libur, relatif lebih lancar. Continue reading

Benar Salah dan Kesyahidan

Gimana ga merindingngeliatnya??? Mereka meninggal benar benar senyum bray… Siapa toh mereka?Mereka adalah pendukung morsi, Presiden sah yang digulingkan militer mesir danakhirnya meninggal ditembak
Paragraf di atas adalah caption sebuah gambar yang aku lihatdi jejaring sosial path. Entah siapa yang pertama kali mengunggah dan akhirnyadi reshare oleh banyak orang. Di dalam gambar tersebut terdapat foto 3 jenazahyang raut mukanya tersenyum. Satu di antaranya terlihat jelas ada lubang bekaspeluru di dahinya. liat fotonya disini (http://2.bp.blogspot.com/-34ztsLWGpNE/Uf3nQLzbA1I/AAAAAAAAAOY/-S75Vn9U0dg/s1600/Screenshot_2013-08-04-12-08-18.png) Continue reading

Tentang Kebakaran Pasar dan Keseimbangan

Pagi ini, ketika nyawa masih terkumpul setengah, aku bangun dan berniat untuk turun ke meja makan. Menyambut hidangan sahur yang sudah menanti. Sebelum turun aku menyempatkan membuka gadget untuk ngecek beberapa notifikasi yang masuk, salah satunya dari group chatting teman SMA. Ternyata percakapan di group itu membuat nyawaku yang tadinya baru setengah menjadi terkumpul semua karena kaget. Kios salah satu teman SMAku ikut terbakar dalam kebakaran pasar baledono, Purworejo dini hari tadi.

Continue reading

Mendengar Bisikan Tuhan

Konon, dalam Genesis (kitab Kejadian) diceritakan bahwa ketika sarah sudah berusia 76 tahun dan suaminya Ibrahim berusia 80 tahun, Sarah yang belum berhasil memberikan keturunan kepada Ibrahim mengijinkan suaminya menikahi Hajar, budaknya asal mesir. Dari pernikahan inilah akhirnya lahir anak bernama Ismail. Namun dalam perjalanannya ternyata Sarah tidak mampu membendung rasa cemburunya karena sudah pasti perhatian Ibrahim lebih banyak tercurah kepada Ismail dan Hajar. Akhirnya sarah memohon kepada suaminya agar Hajar dan Ismail pergi dari rumahnya. Continue reading

Ngeransel ke lombok bagian 5 (tips trik berhemat di gili trawangan)

Hari selanjutnya tidak ada yang bisa diceritakan. Keletihan memaksaku harus beristirahat di dalam balutan selimut hotel seharian.

Ditulisan kali ini aku akan memberi info tips dan trik berhemat di gili trawangan.

Begitu berlabuh di gili trawangan, dari tempat yang ada tulisan selamat datang welcome to gili trawangan, berjalanlah ke kiri sampe ketemu dermaga. Di per4an dermaga itu belok lah ke kanan menyusuri jalan kampung. Disitu banyak penginapan yg layak bahkan bisa dibilang bagus tapi murah. Continue reading